Panduan Mengetik dengan Suara di Google Docs Terlengkap

30 Likes Comment

Akhir-akhir ini banyak bermunculan tutorial di media sosial mengenai cara mengetik dengan suara di google docs. Perlu anda ketahui, google docs memang sebuah fasilitas yang diberikan oleh google kepada para user konsol atau mobilenya. Banyak aplikasi sejenis google docs yang bisa dipergunakan, tetapi pada tulisan kali ini akan fokus membahasnya.

Google docs merupakan aplikasi yang didesain untuk mempermudah penulisan cepat. Tidak hanya didesain sama seperti Ms. Word, melalui aplikasi ini anda bisa melakukan penulisan cepat bahkan tanpa harus melakukan pengetikan secara manual. Anda pun bisa melakukan pengetikan hanya dengan menggunakan suara. Bahkan google docs kompatible kepada Ms.word.

Sehingga anda yang ingin melakukan pengeditan lebih lanjut sesudah melakukan penulisan melalui google docs akan terbantu olehnya. Untuk itu, bagi anda yang ingin melakukan pengetikan dengan suara di google docs. Kami akan berikan panduan lebih lengkapnya agar anda bisa terbantu dalam melakukan kegiatan kerja sehari-hari.

Pastikan Sudah Login Akun Gmail, Lalu Buka Situs Google Docs

Untuk mengetik dengan suara di google docs, anda harus memastikan gadget yang dipergunakan sudah tersinkron kedalam akun gmail. Tanpa tersinkron kedalam akun gmail, anda akan dimintai login lagi bila membuka situs google docs. Ya memang tidak terlalu penting untuk dilakukan pertama kali, tetapi ini akan menghemat waktu anda dalam mengaksesnya.

Toh semua google aplikasi bisa langsung terbuka bila anda sudah login. Saran untuk membuat nyaman akses situs google, anda harus memakai google chrome. Dengan google chrome yang kompatible dengan google. Proses pengaksesan situs google docs akan bisa berjalan lancar tanpa kendala yang menyulitkan diri anda sama sekali. Untuk itu langsung buka saja google docs melaluinya.

Masuk Kedalam Resume, Lalu Hapus Seluruh Isi Resume

Berikutnya, masuk kedalam resume google docs. Didalam resume tersebut akan terdapat template tulisan. Hapus saja semua template tulisan tersebut. Klik Ctrl+A untuk lalu menghapusnya dengan backspace. Bila sudah terhapus semuanya lalu apa yang harus anda lakukan? Tidak ada tombol voice atau semacamnya di menu utama bukan?

Iya memang tidak ada karena tombol voice typing atau dikte suara terletak tersembunyi. Bukan terletak pada menu utama seperti file, edit, view, insert, format, tools, add-ons, dan help. Tombol voice typing terletak tersembunyi agar anda banyak user yang melakukan eksplorasi untuk mempermudah kinerja penggunaan aplikasi.

Aktifkan Tool Voice Typing atau Dikte Suara

Bagi anda yang tidak sempat melakukan ekspolasi, kami beri tahukan letak tombol tool voice typing atau dikte suara. Letak tombol ini berada pada menu utama tool. Banyak sub menu tool yang bisa anda gunakan juga. Jadi anda tidak hanya bisa menggunakannya untuk mengetik dengan suara digoogle docs saja.

Sesudah anda mengaktifkan menu tool voice typing, gagdet anda yang sudah terpasang oleh microphone atau sound card akan membaca semua perkataan anda. Untuk itu persiapkan microphone atau sound card terbaik agar pembacaan perkataan anda makin akurat dibaca tanpa salah pembacaan.

Bila sudah mengaktifkan tool voice typing atau dikte suara. Anda hanya tinggal berbicara sesuai apa yang ingin anda ketikan. Lalu, secara otomatis google docs yang awalnya terhapus akan terisi oleh tulisan. Bukankah bagus untuk dilakukan? Bagi anda yang lelah dalam mengetik cobalah untuk mengetik dengan suara di google docs.

About the Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *